Rabu, 26 November 2014

Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word (2007, 2010 dan 2013)



Di masa yang sekarang ini komputer adalah hal yang tidak bisa kita tinggalkan. Didalam komputer terdapat beberapa aplikasi yang sangat berperan penting seperti Microsoft. Dalam hal ini saya akan mengupas secara tuntas kelebihan dan kekurangan pada microsoft, yaitu microsoft word.
Microsoft word adalah serangkaian program aplikasi dari microsoft office yang gunanya biasanya sering untuk menulis laporan pengolahan dokumen dan teks dan lain sebagainya. Pada saat ini semua elemen masyarakat menggunakan komputer terutama microsoft office word untuk segala macam aktifitasnya seperti halnya dosen, guru, mahasiswa, siswa, dan hampir semua menggunakan aplikasi ini. Microsoft office selalu berkembang begitupun juga microsoft word yang selalu keluar versi terbarunya yang pastinya memiliki fitur-fitur yang lebih bagus dari sebelumnya. Kali ini akan dibahas kelebihan dan kekurangan dari versi microsoft word yaitu 2007, 2010 dan 2013.
1.             Microsoft Word 2007
a.             Kelebihan Microsoft Word 2007
Dalam microsoft word 2007 ini banyak kelebihan yang mencolok seperti fasilitas yang ada dalam versi ini lebih lengkap dari versi sebelumnya. Dalam hal tampilan menu yaitu menu insert terdapat perubahan mencolok yang dilengkapi dengan gambar yang berwarna dan ukurannya sedikit lebih besar dari versi sebelumnya yang membuat tampilannya lebih menarik. Dalam menu references versi 2007 ini ada sesuatu yang tidak dimiliki oleh pendahulunya yaitu terdapat sebuah pilihan yang memungkinkan kita untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Bukan hanya daftar pustaka tetapi juga daftar isi dan sebagainya. Di versi 2007 ini terdapat tombol yang menggantikan  fungsi dari menu file yaitu tombol office button yang terletak di kiri pojok atas. Dalam hal kecepatan loading microsoft word lebih unggul dari pendahulunya. Gaya tulisan yang mempunyai style dan model yang terbaru dan juga ukuran file yang dihasilkan lebih kecil dari pendahulunya.
b.             Kekurangan Microsoft Word 2007
Dalam microsoft office 2007 ini terdapat beberapa kekurangan yang akan dibahas kali ini. Dalam hal design pengguna baru disarankan untuk mempelajarinya agar menguasai hingga terbiasa dengan design yang berubah secara drastis. Dalam spesifikasi laptop yang pas-pasan relatif berat. Apabila microsoft word ini digunakan hanya untuk menulis surat maka akan terkesan sesuatu yang mubazir karena fitur-fiturnya yang tidak berguna atau terbengkalai. Apabila orang yang terbiasa dengan versi yang terdahulu maka akan sedikit lebih susah. Format default file ini adalah .docx , dalam format ini file yang disimpan menggunakan microsoft word 2007 tidak bisa dijalankan atau dibaca atau dieksekusi oleh microsoft word 2003.
2.             Microsoft Word 2010
a.             Kelebihan Microsoft Word 2010
Kelebihan microsoft 2010 dari versi sebelumnya yang pasti adalah fasilitas yang diberikan dan disuguhkan lebih lengkap dibandingkan versi pendahulunya. Ketika pertama kali menjalankan microsoft ini hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat yaitu 2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Untuk meload ke lembar kerja  microsoft 2010 ini hanya membutuhkan waktu sepersekian detik. Sama seperti microsoft 2007, microsoft 2010 ini dalam hal ukuran file lebih kecil dibandingkan microsoft 2007. Gaya tulisan lebih berkembang dan lebih bervariasi dan juga masih ada gaya tulisan dari pendahulunya. Dalam hal mengatur dan mengedit apabila kita sudah menguasainya maka akan terkesan lebih mudah. Dapat membaca format file  dari semua office terdahulu. Dalam hal smartart dan template, microsoft office 2010 memberikan sesuatu hal yang baru dan juga tidak lupa koleksi dari pendahulunya. Dalam hal menu utama tidak jauh beda dengan pendahulunya yaitu pada saat mengklik menu utama maka akan langsung muncul ikon-ikon yang biasa disebut dengan ribbon. Banyak hal yang sama seperti sebelumnya seperti title bar yang terletak tepat dibagian atas tengah, terdapat 7 menu utama, dapat memposting tulisan ke blog. Microsoft 2010 ini dapat menyisipkan atau menginsert kan gambar kedalam naskah. Dalam hal men save office ini lebih variatif, kreatif dan inovatif pengembangannya. Selain itu kejutan baru juga disuguhkan oleh office 2010 yaitu fungsi untuk menyimpan dokumen dengan format lain, yaitu PDF, XPS, ODT secara langsung. Terdapat template baru dan memiliki preview tentang pengaturan halaman dari setiap ikon apabila kita mendekatkannya dari setiap ikon. Dalam hal kecepatan loading microsoft ini lebih cepat dan lebih ringan.
b.             Kekurangan Microsoft Word 2010
Dalam microsoft word 2010 ini terkesan lebih sulit dari versi sebelumnya karena progamnya lebih tinggi sehingga lebih sulit digunakan apalagi apabila kita sudah terbiasa dengan yang microsoft word 2007. Dalam hal desain cukup sulit untuk dipahami karena belum familiar disemua kalangan maupun diberbagai elemen bagi masyarakat. Office word ini tidak terdapat atau tercantum office button. Apabila user yang menggunakan versi sebelumnya maka diharuskan menginstal aplikasi pendukung yaitu converter untuk dapat membuka file yang disimpan oleh microsoft office 2010.
3.             Microsoft Office 2013
a.             Kelebihan Microsoft Office 2013
Dalam microsoft word ini kita dapat meletakkan foto dimana saja yang kita inginkan atau sesuka hati kita di dokumen dan juga dapat langsung menuliskan keterangan gambar tersebut dengan teks ataupun dengan ilustrasi. Kemampuan yang paling menonjol dari microsoft office 2013 ini adalah dapat mengedit file berformat PDF. Dalam hal kecepatan microsoft word 2013 ini tidak bisa diragukan karena bisa mengakses sangat cepat sebuah halaman mana saja dari dokumen yang sedang kita edit. Karena microsoft office 2013 ini terkesan sebuah hal yang baru maka masih banyak kelebihannya.
b.             Kekurangan Microsoft Office 2013
Dalam hal menempatkan gambar kita harus secara manual memberikan keterangan dari gambar tersebut yang hal itu akan membuat kesulitan user untuk mengeditnya. Hanya beberapa yang bisa menginstal microsoft ini karena membutuhkan spesifikasi yang lebih dari biasanya.

3 komentar:

  1. Artikelnya sangat membantu sekali gan selain itu penjelasannya cukup jelas.

    bagi agan yang berminat belajar komputer administrasi bisnis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/komputer-aplikasi-bisnis-dan-administrasi-perkantoran.html

    BalasHapus

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com